Indonesia Terpopuler


Rantinus Manalu Ditetapkan Tersangka Dinilai Tendensius

Posted in POLITIK DAN HUKUM oleh holistikasaya pada Desember 26, 2009
Tags: , ,

Kasus penetapan tersangka atas Pastor Rantinus Manalu Pr dinilai tendensius. Diduga salah satu sebabnya, Rantinus sering menyoroti kasus pembalakan liar di Tapanuli Tengah yang dilakukan pemerintah. Di samping itu pastor tersebut juga sering menyoroti masalah korupsi di wilayah itu.

Menurut tim advokasinya, sangkaan kepada Rantinus telah melakukan pembalakan hutan tidak berdasarkan alasan kuat. Bahkan bantuan bibit karet dari Keuskupan Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara belum ditanam warga.

“Penyidik menetapkan tersangka klien kami melakukan pembalakan hutan. Sementara belum ada bibit yang ditanam warga. Mengapa penyidik tidak mempersoalkan ratusan hektar lahan kawasan yang sudah diusahakan masyarakat sebelumnya. Mengapa pada saat pastor memberikan bantuan bibit dia dipersalahkan,” tutur juru bicara Tim Advokasi Hak-Hak Masyarakat AD Handoko, saat dihubungi dari Medan, Sabtu (19/12).

Sebelum menghadapi sangkaan kasus pembalakan liar, Rantinus kerap menyoroti persoalan pembalakan liar yang diduga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah. “Tidak hanya itu, Rantinus juga menyoroti sejumlah kasus korupsi di Tapanuli Tengah. Seluruh persoalan yang menjadi perhatian Rantinus tersebut,” tutur Handoko, melibatkan pejabat di Tapanuli Tengah.

Salah satunya adalah pembalakan yang terjadi di Bukit Anugrah yang merupakan hutan lindung. Bertahun-tahun Pemkab Tapanuli Tengah menggunakan uang negara membuka jalan di kawasan itu tanpa izin Departemen Kehutanan.

Atas laporan Pemkab Tapanuli Tengah, penyidik Kepolisian Daerah Sumatera Utara menetapkan Rantinus tersangka karena mengerjakan, menggunakan, dan atau menduduki kawasan hutan secara tidak sah dan atau merambah, membakar kawasan hutan di Register 47 Desa Purba Tua dan Desa Hutaginjang, Kecamatan Barus Utara, Tapanuli Selatan. Selain Rantinus, penyidik juga menetapkan Ketua Kelompok Tani Rap Martua bernama Robinson Tarihoran sebagai tersangka.

Sumber: Kompas.com

Baca Juga Surat Pastor Rantinus Manalu, Pr tentang Kronologi Kasusnya

Satu Tanggapan to 'Rantinus Manalu Ditetapkan Tersangka Dinilai Tendensius'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'Rantinus Manalu Ditetapkan Tersangka Dinilai Tendensius'.

  1. nelly simamora said,

    memang apabila kita melakukan hal2 yang positif selalu di anggap salah, dankita harus sabar dan jangan pernah bosan berbuat baiik, dan harus brani memikul salib Yesus. itu adalah tantangan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: