Indonesia Terpopuler


Olala, Monalisa-nya DaVinci Ternyata Kolesterol Tinggi

Posted in Tokoh oleh holistikasaya pada Januari 7, 2010
Tags: , ,

Monalisa yang jadi model lukisan melegenda, terkenal lewat tatapan dan senyumnya yang misterius. Ternyata, dibalik ketenarannya, Monalisa menyimpan riwayat penyakit kolesterol.  Itu disimpulkan riset yang dilakukan para peneliti di Italia. Mereka bilang, kantung mata Monalisa yang cenderung membesar lantaran menunjukan kandungan lemak tinggi. (Coba, lihat sendiri dalam foto di sebelah, benar nggak sih kantong matanya gede?)

Riset yang diketuai Vito Franco asal Universitas Palermo ini juga mencatat Monalisa juga terkena Xanthelsma (waduh, penyakit apaaan tuh?). Katanya sih penyakit berupa benjolan kecil berwarna kuning di kelopak mata. Xanthelasma ini merupakan penanda tingkat kolesterol di tubuh cukup tinggi.

Sementara itu, Franco juga mengklaim sudah melakukan riset serupa pada dua karya lukis lain pada era masa pencerahan atau Renaissance seperti lukisan Sandro Botticeli, Portrait of a Young Man dan lukisan berjudul Madonna with the Long Neck, karya Girolamo Francesco Maria Mazzola. Hasilnya, Franco menemukan kelainan jaringan tulang pada kedua pelukis itu.

Kepada Harian Ternama di Italia, La Stampsa, seperti dikutip dari Telegraph.co.uk, Kamis (7/12), Franco bilang, ” Masyarakat melukiskan (dalam seni) untuk mengatakan kepada kita tentang kepekaan terhadap sisi kemanusian dengan bebas berdasarkan perhatian dari seniman,” tukasnya.

Dia menambahkan, penampilan Michaelanglo bersama Raphael saat mendirikan Sekolah Athena (sekolah Seni) juga merefleksikan Michaelangelo menderita sakit batu ginjal. Hal itu dimungkinkan, kata dia, mengingat seniman tidak mengkonsumsi apapun kecuali roti dan anggur ketika tinggal di kapel.

Sebenarnya, sobat, siapa sih Monalisa itu?
Nama aslinya ternyata Lisa Del Giocondo merupakan istri dari Francesco Del Guicondo yang merupakan saudagar kain sutera yang terkenal di Firenze atau Florence, Italia. Lukisan minyak di atas kayu ngetop yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16 ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi.

Lukisan setengah badan ini menggambarkan lukisan wanita yang tatapannya menuju pengunjung dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatik atau misterius. Sekarang, lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Perancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris.

Sumber: indonesiahotissue

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: