Indonesia Terpopuler


Calon Walikota Jatim dari PKB Disumpah Pocong

Posted in POLITIK DAN HUKUM oleh holistikasaya pada Januari 17, 2010
Tags: , ,

Ini baru heboh! PKB bilang, para calon walikota atau bupati yang maju dalam pilkada Jatim 2010 melalui PKB wajib melakukan sumpah pocong. Tujuannya untuk menghindari penyelewengan sumpah ketika menjabat nantinya. (Wah, calon walikota yang niatnya nggak murni memegang amanah bisa mundur gara-gara kewajiban ini. Bayangkan saja, sumpah pocong. Sumpah yang sangat berat dilakoni untuk orang-orang yang “nggak bersih”. Kita tunggu saja kabar selanjutnya).

“Sumpah pocong akan kami terapkan dan ini akan diusulkan ke DPP dan dewan syuro pusat, agar segera mendapat rekomendasi,” kata Ketua DPW PKB Jawa Timur, Imam Nahrowi usai menggelar doa untuk Gus Dur dengan para kader PKB se-Kabupaten Malang di Kantor DPC PKB Jalan Ngadilangkung, Kepanjen, Minggu (17/1/2010).

Menurut Nahrowi sumpah pocong memang tidak diatur dalam mekanisme partai. Tapi sumpah pocong sudah merupakan budaya kultur masyarakat sejak dulu. “Memang tidak diatur dalam partai, tapi ini suatu budaya atau tradisi dan tidak salah jika kita melakukannya,” tuturnya.

Namun menurut pria yang menggantikan posisi Muhaimin Iskandari di DPR RI ini, pelaksanaan sumpah pocong bukan berarti karena kader PKB selama ini melupakan ikrar atau janjinya ketika menjadi penjabat atau penguasa.

Dengan menerapkan sumpah pocong kepada para calon yang diusung dalam pertarungan Pilkada 2010 dapat semakin menyakinkan calon untuk melakukan ikrar telah diucapkan.

“Kami akan usulkan kepada para kiai dan dewan syuro untuk melakukan sumpah pocong. Ini berlaku di semua daerah di wilayah Jawa Timur. Malang, mungkin jadi yang pertama,” ungkapnya.

Nahrowi menambahkan, semua calon maju dalam pilkada diprioritaskan dari kader PKB sendiri. Setelah resmi mencalonkan dan mendaftar, nantinya akan dilakukan sumpah pocong.

“Jelas ada verifikasi dulu setelah mendaftar. Setelah itu menjalani sumpah pocong. Meski demikian setiap calon yang diusung harus menunggu rekomendasi dari DPP,” tandasnya kepada Detiknews. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: