Indonesia Terpopuler


Kontroversi Makam Gus Dur Senilai Rp 145 M


Pembab Jember berencana membuat wisata religius Makam Gus Dur yang menelan dana Rp 145 M untuk pembangunan infrastruktur. Namun pihak keluarga berkeinginan makam tersebut sederhana saja.

“Untuk makam Gus Dur, cukup fasilitas umum yang sederhana saja,” kata putri Gus Dur, Yenny Wahid dalam pesan pendek pada detikcom, Kamis (25/2/2010). Menurut Yenny, keluarga tidak tahu menahu mengenai rencana Pemkab Jombang. “Mendengarnya juga dari berita,” lanjut Yenny.

Keluarga Gus Dur, lanjut Yenny, sangat menghargai perhatian yang diberikan Pemkab Jombang. Namun keluarga juga mengusulkan, kalau anggaran sebesar itu bisa lebih bermanfaat untuk pengentasan kemiskinan di daerah Jombang. “Ini sesuai dengan semangat perjuangan Gus Dur selama ini,” pungkas Yenny.

Peneliti hukum dan politik anggaran dari Indonesia Budget Center La Ode juga menilai rencana Pemkab tersebut luar biasa mewah. Jangan sampai pembangunan makam itu melukai nilai-nilai yang diajarkan Gus Dur.

“Saya kira Rp 145 miliar itu luar biasa mewah. Kalau merenovasi rumah, sudah berapa ribu rumah,” ujarnya.

Menurutnya, jika benar anggaran yang akan digelontorkan sebesar itu, maka yang perlu diawasi adalah tendernya. Jika akan diproyekkan, maka tender harus terbuka. Jika pembangunan ini diswakaryakan kepada pihak Pesantren Tebu Ireng, maka harus dilakukan sesuai dengan prinsip keuangan negara, dengan pengawasan dan laporan yang jelas.

“Pada prinsipnya bagaimana memanfaatkan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya. Harus akuntabel. Kalau dibuatkan makam yang mewah saya kira tidak sesuai dengan semangat Gus Dur dalam membangun nilai pluralisme, keadilan dan kesederhanaan, terutama dalam hal anggaran,” jelas Roy, panggilan akrab La Ode Salama.

Roy pun meyakini, Gus Dur tak menginginkan makamnya mewah, namun bisa didatangi semua orang, tanpa memandang golongan dan SARA.

“Jangan sampai melukai rasa keadilan publik dan nilai-nilai yang diajarkan Gus Dur,” tegasnya lagi. (dirangkum dari detik.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: