Indonesia Terpopuler


Makam Gus Dur Telan Ratusan Juta, Yang Rp 145 M Total Infrastruktur Menuju Makam


Wakil Ketua DPRD Jatim, Halim Iskandar, menegaskan biaya pembangunan areal makam Gus Dur hanya akan menelan biaya ratusan juta rupiah saja. Pernyataan ini menyusul kontroversi yang beredar seputar rencana Pemkab Jombang membangun wisata religius makam Gus Dur senilai Rp 145 M. “Ini banyak yang salah paham. Kita tidak membangun makam Gus Dur yang menghabiskan dana ratusan miliar. Makamnya nggak akan diapa-apa kan. Paling dibikin nyaman bagi peziarah dan tidak mengganggu proses belajar santri. Itu saja. Paling biayanya cuma ratusan juta,” kata Halim, Kamis (25/2/2010).

Dana ratusan juta itu dimaksudkan untuk membiayai pelebaran tempat penziarah dan pembukaan dan pembangunan akses keluar-masuk makam. Hal ini untuk menghindari jalan masuk yang sama dengan pintu gerbang utama milik santri. “Rencananya, kita akan buat akses masuk dari selatan masjid dan keluar ke arah utara, lewat depan rumah Mbah Wahid Hasyim,” paparnya.

Mantan Ketua DPRD Jombang ini menjelaskan, dana sekitar Rp 145 miliar dianggarkan untuk memperbaiki jalan dari berbagai arah menuju Ponpes Tebuireng dan sekitarnya. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah akses masuk para peziarah ke kawasan makam Gus Dur dan 2 pahlawan nasional yang dimakamkan di komplek pemakaman keluarga Bani Hasyim di Ponpes Tebuireng, Jombang.

“Rencana anggaran miliaran itu untuk membangun lahan parkir untuk peziarah makam Gus Dur dan 3 pahlawan nasional, tempat jualan warga dan jalan akses menuju makam. Jalan akses yang akan kita perbaiki ini antara lain dari arah Kediri-Malang, dari arah Surabaya, dan dari arah Solo,” papar kakak kandung Muhaimin Iskandar ini.

Saat ini, lanjut Halim, akibat belum ada perbaikan akses dan wilayah makam, proses belajar-mengajar santri di Ponpes Tebuireng kurang efektif karena ribuan peziarah tiap hari yang datang. Jika hal ini dibiarkan, dan tidak diupayakan solusi, maka potensi peningkatan ekonomi masyarakat dan proses belajar mengajar santri akan terus terganggu.

“Kalau tidak dibangun di situ, kasihan santri dan siswa yang belajar. Sampai saat ini, hasil kunjungan kami kemarin, proses belajar mengajar para santri dan siswa masih belum bisa efektif karena lahan yang terbatas dan akses masuk yang sama,” paparnya.

“Belum lagi soal sektor ekonomi yang mulai mengeliat. Ini semua perlu penataan-penataan agar bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Jombang,” pungkasnya. (detik.com)

Satu Tanggapan to 'Makam Gus Dur Telan Ratusan Juta, Yang Rp 145 M Total Infrastruktur Menuju Makam'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'Makam Gus Dur Telan Ratusan Juta, Yang Rp 145 M Total Infrastruktur Menuju Makam'.


  1. Thanks for this unique write-up, I definitely will attach this web site to my rss feeds, a friend just informed me in regards to this a while back. this may be the greatest…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: