Indonesia Terpopuler


Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Haram Merokok


Pastinya, bakal banyak yang kebakaran jenggot dengan keluarnya fatwa haram merokok dari PP Muhammadiyah. Ini adalah revisi dari fatwa sebelumnya yang menyatakan rokok itu mubah.  “Tadi malam kita sudah mengeluarkan surat fatwa haram Nomor 6//SM/MTT/III/2010. Muhammadiyah sudah mengharamkan rokok,” ungkap Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammdiyah, Syamsul Anwar, Selasa (9/3/2010).

Menurut Syamsul ada beberapa pertimbangan mengapa lembaganya akhirnya mengharamkan rokok. “Yang pertama kami melihat berdasarkan hasil kajian dari ahli medis dan akademisi. Semuanya sepakat rokok adalah sesuatu yang membahayakan karena mengandung zat aditif dan zat berbahaya lainnya,” papar Syamsul.

Dia menjelaskan, dari sisi agama sesuatu yang membahayakan itu dilarang. “Jadi dari sisi itu ada keselarasan antara ketentuan agama dangan fakta ilmiah,” jelas dia.

PP Muhammdiyah sempat menghentikan fatwa mubah merokok pada 2007. Menurut Syamsul, saat itu lembaganya belum melakukan kajian mendalam. “Kalau dulu kajian belum dalam dan belum banyak masukan bahan yang lebih komprehensif,” papar dia.

Muhammdiyah menyimpulkan fatwa haram, lanjut dia, melalui hasil-hasil penelitian yang melibatkan ahli dari berbagai dispilin ilmu. (okezone)

8 Tanggapan to 'Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Haram Merokok'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Haram Merokok'.

  1. muslik said,

    walaupun fatwa nya terlambat tapi tdk apalah

    • muslik said,

      kutinggal kan omset jutaan rupiyah jualan rokok dan orang mengatakan aku bodoh dan aliran sesat demi ku gapei ridho allah menjauhi barang haram rokok

      • Kipotq said,

        alhamdulillah…

  2. tante said,

    gw ngerokok, kok dibilang haram… klo rokok haram, semuanya aja dech haram,,, hidup juga haram,,,

  3. kaltor said,

    nyimeng halal

  4. RACHMANUR AFFAN said,

    MUHAMMADIYAH MENJELANG SATU ABAD, TELAH MEMBERI KADO DALAM KERANGKA AMAR MA’RUH NAHI MUNKAR BERUPA ” MEROKOK HARAM ” URUSAN ADA PRO DAN KONTRA ATAS FATWA ITU, WAJAR LAH. YANG PASTI, ANGKAT TOPI PADA KETUA PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG ATAS KEBERANIANNYA MENGAMANKAN FATWA PP MUHAMMADIYAH. AYO BERKIPRAH TANPA LELAH MENUJU MASYARAKAT UTAMA.

  5. DALBAN said,

    bakar rokok dilarang… bakar pabrik rokok halal.
    selamat bagi yang mengeluarkan fatwa tsb. anda sudah menambah jumlah pengangguran….MERDEKA

  6. nindya said,

    aslm.
    asal dikethui bahwa perokok itu sungguh dzolim!! saya mahasiswa dibidang kesehatan memepelajari hal itu semua. FAKTOR RISIKO PEREMPUAN PASIF 2,5 KALI LEBIH BESAR TERKENA KANKER PARU DARI PADA LAKI LAKI PEROKOK AKTIF. bayangkan apabila anda merokok di tempat umum dan disitu ada orang yang terganggu sistem pernafasannya,, jika setiap tarikan nafas adalah doa dan sumpah serapah buat anda,,, kalikan saja tarikan nafasnya dengan besar dosa atas kedzoliman tersebut.

    Pemerintah mendapat suntikan dana kurang lebih 60 TRILYUN dari rokok,, tapi biaya recovery nya mencapai 100 TRILYUN (kutipan dari suatu surat kabar)..

    jadi,, pikirkan baik2.. fatwa ini untuk kebaikan umat,, untuk orang banyak. dan jika anda mengomentari suatu hal tolong BASED ON DATA jangan BASED ON ASUMTION. apalagi BASED ON SYAHWAT.

    wslm.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: