Indonesia Terpopuler


Filter Rokok Impor Dimungkinkan Mengandung Darah Babi

Posted in Agama oleh holistikasaya pada April 2, 2010
Tags: ,

Buat para perokok, waspadai kemungkinan darah babi dalam filter rokok Anda. Soalnya, industri rokok Indonesia masih mengimpor filter dari luar negeri. “Ini temuan baru di Belanda dan Australia. Sangat mungkin masuk di Indonesia, karena filter kita impor,” kata Mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kartono Muhammad, Jumat (2/4/2010).

Data yang diperoleh Kartono dari sebuah situs perdagangan menyebutkan, jumlah impor filter rokok di Indonesia nilainya mencapai miliaran. Namun, tidak disebutkan negara mana saja yang dijadikan tujuan impor. “Nggak disebut negara mana saja, tapi kan kemungkinan negara maju seperti Australia dan Amerika,” jelasnya.

Kepala Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM3), Fuad Baradja menambahkan, kemungkinan ada unsur babi di filter rokok Indonesia sangat memungkinkan. Hanya saja, masyarakat selama ini tidak ada yang tahu. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada unsur yang ditutupi oleh produsen rokok.

“Filternya itu masih diimpor. Kalau bikin filter sendiri kan kita belum bisa. Masyarakat juga nggak tahu,” tambah pria yang memiliki klinik penyembuhan ketergantungan rokok ini.

Sebuah riset dari Belanda yang didukung pula oleh Profesor Kesehatan Masyarakat dari University of Sydney, Simon Chapman, menunjukkan adanya kandungan babi dalam rokok. Hemoglobin babi ternyata digunakan dalam filter rokok sebagai bahan penyaring bahan kimia berbahaya dari rokok agar tidak masuk ke paru-paru. (detik.com)

2 Tanggapan to 'Filter Rokok Impor Dimungkinkan Mengandung Darah Babi'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'Filter Rokok Impor Dimungkinkan Mengandung Darah Babi'.

  1. fidyo said,

    Sebuah shock therapy yang bagus juga bagi pecandu rokok. Rokok amat berbahaya apalagi bila dihisap oleh kaum muda yang masih panjang lagi perjalanan hidupnya.
    Maaf produsen rokok. Meski industri rokok menyerap tenaga kerja, kehadiran rokok perlu ditinjau ulang. Mending SDMnya digunakan untuk membangun pertanian dan industri lain seperti RRC agar Indonesia tidak bergantung terus pada pihak asing

  2. Mulyono said,

    Tapi para perokok, umumnya tidak peduli, dengan berita ini, karena mereka sudah kecanduan. sebagaimana halnya fatwa haram rokok dari Muhamadiyah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: